Bahaya Penyakit Tiroid Pada Wanita

Bahaya Penyakit Tiroid .- Penyakit tiroid merupakan salah satu sebab munculnya benjolan di leher yang bisa menimbulkan bahaya jika tidak diatasi utamanya pada wanita , untuk itu jangan pernah abaikan gejala penyakit tiorid segera atasi dan obati jika anda mengalaminya.

Bahaya Penyakit Tiroid

Bahaya Penyakit Tiroid Pada Wanita Yang Tidak Segera Diatasi

Penyakit tiroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebih sehingga kadar tiroid dalam tumbuh menjadi tidak seimbang.

Akibatnya metabolisme tubuh menjadi terganggu yang berdampak kurang baik bagitu tubuh sehingga akan mengalami berbagai masalah kesehatan yang serius.

Hal tersebut jelas berbahaya, utamanya jika penyakit tiorid terjadi atau menyarang wanita maka bisa menimbulkan berbagai efek atau bahaya. Apa saja bahaya penyakit tiroid pada wanita ?

Celekanya, sebagian besar wanita penderita penyakit tiroid sering tidak menyadari dirinya terkena penyakit ini karena gejala yang muncul lebih mirip dengan gejala penyakit ringan sehingga penderita cenderung membiarkan gejala yang muncul tanpa melakukan pengobatan yang serius.

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri penyakit tiroid pada wanita yang biasanya muncul, yakni :

  • Mengalami kerontokan rambut
  • Penurunan berat badan, namun nafsu makan mengalami peningkatan
  • Mengalami tremor
  • Mengalami palpitasi
  • Insomnia
  • Cepat lelah
  • Libido melemah
  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Emosi tidak stabil

Dianjurkan segera temui dokter atau kunjungi pusat kesehatan terdekat jika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan utamanya pada wanita karena jika tidak diatasi bisa menimbulkan berbagai bahaya.

Bahaya Penyakit Tiroid Pada Wanita

Berikut ini adalah beberapa bahaya penyakit tiroid pada wanita yang bisa terjadi ketika tidak segera diatasi dengan serius, yakni :

1.) Beresiko Melahirkan Bayi Prematur Hingga Cacat

Secara umum wanita yang sedang hamil tubuhnya akan memproduksi banyak hormon kehamilan yang fungsinya untuk mengatur proses kehamilan dan proses melahirkan seperti HCG (human chorionic gonadotropin). Kondisi tersebut akan mencapai puncaknya pada saat usia kehamilan menginjak 12 minggu.

Adanya produksi hormon HCG juga dapat berpengaruh terhadap produksi hormon tiroid. Nah ketika produksi hormon tiroid yang dihasilkan akibat rasangan dari hormon HCG sudah melebihi batas normal maka bisa berpengaruh terhadap janin yang dikandungan seperti : kelahiran bayi dengan berat badan dibawan normal atau pembesaran kepala.

2.) Infertilisasi

Tingginya kadar hormon tiroid dalam tubuh wanita juga bisa berdampak pada masalah kesuburan wanita tersebut ( infertilisasi ).

Hal tersebut terjadi karena sel telur tidak dapat berkembang dengan baik. Sehingga tidaklah heran jika wanita penderita penyakit tiroid susah memiliki anak. Tidak hanya itu sekalinya hamil mereka akan mengalmi keguguran berulang.

Jika kondisi tersebut terjadi maka jelas akan sangat berbahaya.

3.) Oligomenorea

Oligomenorea adalah kondisi dimana wanita mengalami siklus menstruasi yang lebih panjang dari waktu normal. Biasanya wanita yang mengalami kelaian ini hanya mengalami siklus menstruasi sebanyak 6-8 kali setahun. Jika dibiarkan oligomenorea akan menyebabkan perasaan yang kurang enak pada tubuh si wanita dan kemungkinan besar menyebabkan wanita infertilisasi.

4.) Eklampsia

Eklampsia adalah kondisi dimana wanita yang tengah hamil mengalami kejang-kejang. Kondisi tersebut merupakan kondisi lanjutan dari pre-eklampsia, yaitu saat wanita hamil mengalami keracunan.

Eklampsia yang tidak mendapatkan penanganan serius bisa menyebabkan bayi lahir prematur hingga bayi lahir dalam keadaan sudah meninggal.

5.) Amenore

Amenore adalah kondisi dimana wanita mengalami menstruasi secara tiba-tiba. ondisi seperti ini banyak dijumpai pada wanita hamil ataupun atlet. Namun, amenore banyak ditemui pada kasus kelebihan hormon tiroid pada wanita. Hal ini terjadi karena system sekresi tidak bekerja dengan baik.

Mengingat dampak atau bahaya penyakit tirod pada wanita mengerikan maka jangan pernah anggap sepele gejala penyakit tiroid salah satunya ialah munculnya benjolan di leher.

Segera atasi dan obati dengan serius jika beberapa gejala penyakit tiroid mulai dialami utamanya pada wanita hamil guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu cara mengobati penyakit tiroid yang bisa anda lakukana dalah dengan rutin konsumsi ekstrak teripang emas, yakni hewan laut yang berkhasiat mampu mengobati penyakit tiroid secara alami.

Demikianlah informasi tentang bahaya penyakit tiorid pada wanita ini semoga bermanfaat dan bisa menjawan rasa ingin tahu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *