Penyebab Benjolan Di leher Bagian Belakang

Sebagian besar timbulnya benjolan di leher bagian belakang tidaklah membahayakan, namun bukan berarti anda menyepelekannya mengingat penyebab timbulnya benjolan di leher banyak dan ada yang berbahaya yakni kanker, jadi penting bagi anda untuk mengetahui penyebabnya.

Benjolan Di leher Bagian Belakang

Banyak orang yang merasa takut dan khawatir ketika merasakan atau menemukan benjolan di leher. Benjolan di leher bisa berbeda ukuran, jumlah dan karakteristiknya berdasarkan dari penyebabnya.

Mulai dari ukuran kecil sebesar biji hingga sebesar bola pingpong, jumlahnya hanya satu hingga lebih dari satu dan karakteristiknya ada yang keras, lunak sakit dan tidak sakit.

Nah disini penting bagi kita untuk bisa membedakan maka benjolan di leher yang berbahaya dan tidak, salah satunya ialah dengan mengenali gejala dan penyebab dari timbulnya benjolan di leher.

Baca : Cara Membedakan Benjolan Kanker Dan Non Kanker

Sebagian besar timbulnya benjolan di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, kanker, atau penyebab langka lainnya.

Infeksi bakteri dan virus menjadi penyebab paling sering terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening sebagai tanda tubuh sedang melawan infeksi.

Beberapa penyakit infeksi yang bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening adalah : infeksi tenggorokan, infeksi rongga sinus, infeksi telinga, pilek, flu, gigitan serangga, atau luka kecil.

Jika infeksi yang terjadi semakin serius maka benjolan di leher akan terasa kencang, keras dan sakit.

Selain beberapa infeksi tersebut infeksi bakteri sifilis dan tuberkulosis juga bisa menyebabkan kelenjar getah bening bengkak sehingga salah satu gejala yang muncul akibat penyakit tersebut adalah timbulnya benjolan di sekitar leher.

Orang yang terkena infeksi saluran atas, herpes simpleks, HIV dan infeksi jamur juga bisa menyebabkan kelenjar getah bening.

Dan yang paling berbahaya dari penyebab membengkaknya kelenjar getah bening adalah penyakit kanker.

Tanda atau gejala dari pembengkakan kelenjar getah bening akibat kanker adalah biasanya terjadinya perubahan kulit disekitar area timbulnya benjolan serta adanya darah pada air liur maupaun dahak.

Sementara itu jika membengkaknya kelenjar getah bening karena infeksi virus dan bakteri yang ditandai dengan munculnya benjolan di leher bagian belakang dan area lainya adalah penderita akan mengalami gejala tambahan berupa : sakit tenggorokan, sulit menelan, demam, atau sakit telinga.

Tidah hanya jika benjolan sudah menghalangi pernapasan maka penderita bisa mengalami sesak nafas hingga sulit berbicara karena suara menjadi serak.

Jika kondisi benjolan sudah mengganggu jalanya bernapas maka perlu dilakukan penanganan dan pengobatan yang serius, karena jika tidak bisa menyebabkan kematian.

Mengingat ada banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya benjolan di leher bagian belakang dan area sekitar leher lainnya maka langkag bijak untuk mengetahui penyebab pastinya adalah dengan melakukan pemeriksaan secara medis.

Serangkaian pemeriksaan medis yang biasa dilakukan untuk menentukan penyebab pasti dari timbulnya benjolan di leher bagian belakang adalah meliputi : pemeriksaan darah lengkap, foto Rontgen, USG, CT-scan atau MRI pada kepala dan leher dan yang terakhir biopsi untuk mengetahui apakah benjolan tersebut ganas atau tidak.

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan dan tes tersebut dan dokter sudah mengetahui penyebabnya maka barulah dokter akan melakukan tindakan pengobatan yakni berupa :

  • Jika benjolan disebabkan oleh infeksi bakteri, dapat diobati dengan obat antibiotik dan obat antinyeri.
  • Jika benjolan disebabkan tumor atau kanker maka operasi, radiasi dan kemoterapi adalah pengobatan yang diberikan.

INGAT !!! Jangan pernah anggap remeh timbulnya benjolan di leher bagian belakang segera cari tahu penyebab dan lakukan pengobatan yang serius utamanya jika benjolan menunjukan kondisi disertai demam tinggi, kesulitan menelan atau berbicara, leher terasa mengganjal, terdapat keluhan neurologis seperti kelemahan menggerakkan tangan atau kaki.

Baca Juga :

Benjolan Di Leher Belakang Terasa Sakit
Benjolan Di Leher Belakang Kiri Atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *